Selasa, 11 Desember 2012

CHOCOLATE CAKE


LBT Anniversary – 11 January 2012
“CHOCOLATE CAKE “
SISKA DIAN NO.17

Alhamdulillah ngga terasa dah 1 thn ya sy bergabung dlm GROUP ini, yang pasti sangat banyak membawa manfaat untuk diri saya sendiri.
Secara saya yang juga seorang bakul kue, merasa amat sangat terbantu dgn adanya group ini ^_^
Didlam group ini, banyak hal positif yang saya peroleh, segalaa sesuatu tentang perbakingan yang awalnya saya ngga tau menjadi tahu karena melalui wadah ini banyak teman2 & host yang berbagi ilmu dan pengalamannya dlm perbakingan.
Dari mulai resep, step by step, sampai trik dlm resep tersebut di share dlm group ini.
Dan tuk kali ini saya mencoba tuk membuat CHOCOLATE CAKE yang di filling & cover-nya menggunakan GANACHE.Adapun bahan2nya adalah sbb :
Spongecake coklat :

Sebelumnya panaska oven 180 derajat. Siapkan Loyang bulat 22 cm tinggi 7 cm,oles seluruh permukaannya dgn menggunakan margarine, alasi dasarnya dgn kertas rait, sisihkan.

8 btr telur ayam uk.sedang, 180 gr gula pasir, 1 sdm SP (optimal) --- kocok sampai mengembang dan kental berjambul petruk.Masukkan essence vanilla, kocok rata.

Lalu masukkan sedikit demi sedikit campuran terigu sambil diaduk rata atau di kocok dgn speed rendah. 150 gr terigu protein sedang, 3o gr coklat bubuk, 25gr Maizena, 20 gr susu bubuk, 1 sdt baking powder -- semua bahan kering di ayak terlebih dahulu.

Lalu masukkan 120 gr Margarine / Butter yg sudah dilelehkan & didinginkan terlebih dahulu, aduk balik dgn spatula hingga benar2 tercampur rata dan homogen.

Tuang ked lm Loyang bulat/ kotak uk.22 cm ,panggang sampai matang, lakukan test tusuk/ test sentuh,angkat,keluarkan dari Loyang, dinginkan diatas rak.

Sympel Syrup :
Panaskan ( 100 gr gula pasir & 300ml air) sampai larut. Angkat dan biarkan hangat.Masukkan (1/4 sdt essence vanilla) dingginkan.


Ganache
250 gm DCC, tim, dinginkan
100 gr whipcream bubuk
200 ml air dingin

Cara membuat :
Campur whipcream dgn air es, kocok sampai kaku, Masukkan DCC cair yg sudah dingin, kocok rata sampai menjadi krim yang lembut & lentur. Siap dipakai.

Penyelesaiannya :
1. Belah cake menjadi 3 layer ( sesuai selera../.bisa jg 2 layer) olesi masing-masing cake dgn sympel syrup, olesi dgn ganache coklat.Lakukan berulang hingga lembar ke-3.
2. Oles seluruh permukaan dgn ganache coklat, hias sesuai selera.
Terima kasih yang amat sangat saya ucapkan tuk pengasuh & teman2 yg tergabung dlm GROUP yang sangat saya cintai ini, semoga bisa langgeng dan berkembang.
Sukses tuk teman2 semua *** big Hugs***

Jayalah terus LBT –ku,
— bersama Baking Bersama Lbt

Tidak ada komentar:

Posting Komentar